Kamis, 07 November 2019

Latar Belakang Terbentuknya ASEAN

Association of South East Asia Nations /ASEAN atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (PERBARA), merupakan organisasi kerja sama regional negara-negara Asia Tenggara di bidang ekonomi, sosial, dan kebudayaan. Meskipun organisasi ini bertekad mewujudkan stabilitas dan keamanan kawasan Asia Tenggara dari pengaruh asing, namun bukan merupakan organisasi politik. Hal ini bisa dilihat dari latar belakang berdirinya ASEAN.
 Association of South East Asia Nations  Latar Belakang Terbentuknya ASEAN
Berdirinya ASEAN di dorong oleh beberapa faktor di antaranya sebagai berikut;
  • Faktor Intern / dari dalam, yaitu setelah berakhirnya Perang Dunia II lahirlah negara-negara baru di Asia Tenggara. Munculnya negara-negara baru ini pada umumnya banyak memiliki persamaan masalah, oleh sebab itu perlu sikap dan tindakan bersama untuk mewujudkan stabilitas dan keamanan kawasan ini melalui ASEAN.
  • Faktor Ekstern / dari luar, yaitu akibat krisis Indocina yang ditimbulkan oleh gerakan komunis yang berusaha menguasai seluruh Vietnam, Laos, dan Kamboja (Kampuchea) sebagai negara komunis, maka negara-negara tetangga di kawasan ini merasa khawatir dan bersepakat menghadapi ancaman ini dengan membentuk ASEAN.